Sunday, March 13, 2011

Tuning Tamiya VDF

Setelah sekian lama Tamiya VDF keluar, akhirnya bisa megang & tuning serius Tamiya VDF. Thanks to Om Wisena yang sudah percaya memberikan VDF nya ke saya untuk di maintenance, setting, & tuning atau bahasa prokemnya, "bikin enak, om!"



So far kit sudah jauh lebih enak daripada sebelumnya, tapi memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


1. Pilihlah cs pulley sematang-matangnya. Karena clearance antara belt belakang dan motor tidak begitu besar, juga pencarian FDR yang pas memerlukan perencanaan yang tepat. (supaya gak mentok sana sini)

2. Clearance antara pivot depan dan turnbukle steering juga terlalu dekat, sehingga agak sedikit perlu muter otak jika sutau saat nanti mau menambah steering angle. Tapi perlu di ketahui dulu, steering angle patah bukan suatu keharusan untuk bisa melakukan manuver2 switchback dan manji. Gak ada gunanya juga steering patah, tapi settingan kaki2 dan suspensi ngaco... tetep aja spin out atau understeer.


Lihat lingkaran merah di 2 foto diatas. Terlihat clearance yang steering crank VDF sangat mepet. (Tapi bukan masalah yang fatal dan bukan berarti kit ini gak bisa compete dengan lainnya)

 
Yang jelas jangan putus asa, apapun kitnya, pasti enak kok asal semuanya dirakit pelan-pelan dan seiring waktu dicari settingan enaknya. Gak ada kit yang ga enak, cuman mungkin belum nemu aja settingannya yang pas.

Tuning Tips:
VDF Terkenal dengan chassinya yang stiff. Oleh karena itu disarankan untuk mencari oli se-encer2nya, dan lakukan pada semua sisi. Chassis yang stiff, butuh suspensi yang main (depan dan belakang) untuk membuat kit ini menjadi semakin memiliki. Gunanya, agar ke kakakuan chassis sedikit terobati dengan suspensi yang empuk.

Sebisa mungkin pilihlan pulley2 cs yang menggambungkan underdrive dan overdrive, supaya clearance motor ke center pulley ada, dan mencari FDR yg pas lebih mudah.


Post edited : maaf sebelumnya ngetik pada kondisi super ngantuk.. jadi ngomongnya ngaco.. hehehe

2 comments:

  1. Yuda, saya cuba setup VDF sebelum ni.
    Belakang mesti kurangkan DROOP (lebih banyak downstop)berbanding depan. Dapat feel yang sesuai dengan driving.
    Hanya share sahaja. Bukan pandai sangat. :)
    Keep it up bro!

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing Bro :D. Readers & VDF Lover, bisa dicoba sharingnya bro Azwan ya

    ReplyDelete