Tuesday, April 26, 2011

Article : Countersteer Rc Drifting - Semua pasti bisa! [episode 1]


Sekali lagi terima kasih buat Kiki yang sudah mengirimkan gambar diatas sebagai bentuk article request.

Setelah saya pikir-pikir, mungkin memang ada baiknya saling share terutama bagi yang baru saja ingin menekuni Countersteer RC Drifting sebagai Hobby-nya.

Pada Episode 1 ini, saya akan membahas dulu sebetulnya drifting itu apa, dan background saya sendiri juga seperti apa.

Drifting adalah aksi unjuk skill (bukan kecepatan, bukan balap-balapan, bukan tabrak-tabrakan), dimana intinya adalah memberikan hiburan/entertainment kepada Juri yang menilai, beserta para penonton.
Sebelum melanjutkan artikel ini, saya post dulu contoh video drifting dari dunia 1:1 di ikuti dengan dunia 1:10.


Cuplikan salah satu Tandem Drifting di arena D1GP

Cuplikan salah satu Tandem Drifting terbaik menurut RCdorishop

Setelah melihat 2 video diatas, ada beberapa point yang bisa kita lihat dan pahami.
Point 1 : ada Leader dan Chaser
Point 2 : Tidak ada aksi balap membalap antara chaser dan leader
Point 3 : Chaser berusaha menempel Leader sedekat mungkin dan selama mungkin walaupun terbatasnya ruang gerak Chaser
Point 4 : Scaled Speed (Perbandingan kecepatan yang sama antara 1:1 dan 1:10)
Point 5 : Pilihan "racing line" yang terbaik namun beresiko
Point 6 : Drift angle yang selalu dijaga (mobil tidak melurus ketika melakukan drifting)
Point 7 : Ban depan melakukan "countersteering"
Point 8 : Seni dan pure entertainment

Pengertian drifting terkadang di Indonesia masih berbeda-beda dan ini sangat wajar melihat Culture Drifting ini berasal dari Jepang, bukan dari Indonesia hehe. Saya sendiri bisa memastikan dan menjamin akan ada beberapa dari pembaca yang tidak setuju dengan definisi Drifting yang saya jelaskan diatas.

Namun lepas dari itu, penjelasan ini semua saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi saya sejak tahun 2000 yang kebetulan saya memulai hobby drifting ini dari 1:1 dahulu, dan baru semenjak si kembar saya yang lucu-lucu mau lahir, saya beralih ke hobby yang resiko dan expensesnya jauh lebih sedikit yaitu 1:10 Drifting :p (tapi gak menutup kemungkinan kembali lagi ke 1:1 nantinya hihi)

 Banggotan + 240sx KA24DE-T 250dk @ Texas, USA 2003

Banggotan + A31 SR20DET 220dk@ Karawaci 2009

Banggotan + A31 SR20DET 250dk @ Kemayoran 2009

Banggotan + A31 SR20DET 300dk @ kemayoran 2010 (Last event sebelum si kembar lahir)

Jangan lupa, sponsorship opportunity untuk AHT garage team masih terbuka loh! sekarang drivernya adik saya sendiri, Regi Fiandisa, dan satu lagi Mark Alexander Wulff (promosi colongan hehe).

Okay dengan demikian episode 1 dari artikel ini berakhir. Mudah-mudahan pengertian kita mengenai drifting sama, jadi kedepannya, lebih enak juga saya membuat artikelnya.

Pada episode 2 nanti, saya akan mulai membahas mengenai Countersteer Remote Control Drifting mulai dari : bagaimana cara memilih kit, modifikasi apa saja yang diperlukan, bagaimana cara melatih skill, dan banyak lagi. Belum bisa saya pastikan artikel ini akan sampai episode ke berapa, tapi sepertinya akan cukup banyak.

Ok guys enjoy & stay tuned!

3 comments:

  1. Simarkbotak, approves this message :)

    ReplyDelete
  2. Thanks Bspecsan for the article, will waiting for the next part, specially at "DRIFT Practice Section" hehe.

    ReplyDelete
  3. ur welcome kiki, stay tuned yak :D

    ReplyDelete